Rabu, 21 Januari 2009

Agar baterai laptop tidak cepat nge-drop

Bagi sebagian orang yang mobilitasnya tinggi, laptop adalah sarana pendukung yang sangat penting, karena dengan laptop maka orang tersebut bisa bekerja ataupun presentasi dimanapun. Akan tetapi sangat sulit kalau saja laptop tersebut baterainya cepat nge-drop “habis”. Baterai nge-drop bisa disebabkan karena cara pengisian yang kurang tepat.

Sebenarnya sama saja pengisian/perawatan baterai laptop dengan pengisian baterai hp, pengisian baterai sebaiknya dilakukan sebelum baterai habis. Jadi jangan sampai baterai sudah habis barulah di charge. Kenapa ini perlu dihindari, karena dikhawatirkan akan merusak sel-sel yang ada di dalam baterai.

Untuk pengisian tidak ada yang berbeda dengan hp, Saat mengisi (charge) baterai bisa dilakukan sambil bekerja atau dalam keadaan laptop mati. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah jika pengisian sudah mencapai 100% maka pengisian harus segera dihentikan (lepaskan adaptor dari sumber listrik).

Untuk pemakaian laptop di dalam/luar ruangan yang tersedia sumber listrik sebaiknya baterai dilepaskan dan laptop di sambungkan dengan sumber listrik (tanpa baterai). Hal ini bisa dilakukan untuk menghemat baterai dan jangan lupa sekali-kali baterai dipasang (di charge seminggu sekali) agar sel-sel di dalam baterai tidak cepat rusak.

Semoga bermanfaat buat kita semua,
--- admin ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda