Rabu, 04 Februari 2009

10 Tips menggunakan Notebook agar awet dan aman :

1. Tempatkan Notebook pada tempat yang rata/datar agar lubang ventilasi yang ada di bagian bawah Notebook anda tidak tertutup.
2. Pastikan berada pada tempat yang stabil, tidak banyak goyangan dan getaran karena dapat menyebabkan harddisk dan komponen mekanik mudah rusak.
3. Sebelum menghidupkan Notebook, pastikan kondisi baterai masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan OS, apabila ragu hidupkan Notebook anda sambil melakukan charge battery. Kekurangan daya battery sewaktu di hidupkan, akan menyebabkan gagal booting dan kemungkingan besar harddisk dapat rusak permanent.
4. Perhatikan indikator baterai sebelum mengisi (men charge) Notebook anda, apabila Indikator betterey menunjukan kapasitas 80% atau kurang, sebaiknya di habiskan sekalian baru kemudian di charge, kalau indikator menunjukkan 85% atau lebih, Anda dapat bekerja bersamaan dengan adaptor terpasang pada Notebook Anda, tidak perlu kawatir terjadi overcharge karena Notebook modern telah di lengkapi dengan proteksi overcharge.
5. Perhatikan dengan teliti apakah stop kontak adaptor Anda tertanam dengan baik?? ..karena apabila tidak stabil bahkan goyang, akan terpercik bunga api padap stop kontak yang berakibat proses charge akan putus sambung dan itu di mungkinkan terhitung 1 cicle setiap terjadi putus sambung tersebut. Akibat dari stop kontak kendor akan mengakibatkan umur baterai menjadi sangat pendek.
6. Jangan biasakan menggunakan Notebook tanpa baterai terpasang sehingga hanya bekerja dengan Adaptornya saja, Memang kebanyakan rumor mengatakan kalau bekerja dalam jangka waktu yang lama sebaiknya baterai di lepas karena dapat overcharge, padahal itu dapat meanjadi malapetaka yang besar manakala listrik tiba-tiba mati maka Notebook akan ikut mati dan kemungkinan terbesar hard disk rusak berikut data datanya, padahal nilai data kadang jauh lebih bernilai dari notebook itu sendiri. Karena selain sebagai penyimpan daya, baterai juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil di kala Adaptor saja tidak mencukupi saat bekerja dengan power maximum.
7. Apabila akan membawa Notebook dan masuk dalam tas, pastikan Notebook sudah di Shutdown terlebih dahulu tidak hanya di Standby karena di kawatirkan Notebook tiba-tiba berkerja karena ada perintah-perintah resident yang terlupakan sewaktu standby. Karena sewaktu Notebook hidup kembali dan berada dalam tas akan terjadi ganguan sirkulasi udara sehingga Notebook menjadi sangat panas bahkan chasingnya bisa meleleh. dan kemungkinan lain karena goncangan sewaktu Notebook berpindah tempat dalam keadaan hidup menyebabkan kerusakan pada harddisk dll.
8. Tambahkan pelindung layar (Screen protektor) agar layar tidak mudah tergores, pelindung keyboard (Skin Keyboard) agar keyboard tidak kemasukan debu dan cairan yang mengakibatkan kerusakan pada tuts keyboardnya. dan cooling pad sewaktu di gunakan dalam waktu yang lama, agar sirkulasi udara di ventilasi Notebook terjaga baik.
9. Jangan menaruh HP diatas Notebook maupun di atas keyboard notebook atau lebih baik jauhkan HP dari Notebook anda, pengalaman membuktikan radiasi HP sewaktu di call atau saat menerima SMS mengakibat banyak kerusakan permanen pada chips-chips sangat peka terhadap gelombang elektromagnetic. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips dalam keyboard yang mengakibatkan beberepa angka / huruf tidak dapat keluar.
10. Update selalu antivirus Notebook anda sesering mungkinagar aman dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda