Rabu, 25 Februari 2009

Matikan autoplay pada windows XP

Autoplay adalah salah satu service dari windows dimana fungsinya untuk mengecek dan menjalankan peripheral yang baru dipasang seperti halnya flash disk ataupun CD/DVD ROM. dengan aktifnya service autoplay maka begitu anda mencolokkan flash disk atau CD maka akan secara otomatis sistem akan mendeteksi perangkat tersebut dan menampilkan seluruh isi data yang ada pada peripheral tersebut.

Namun untuk keamanan sistem, apalagi sekarang ini banyak virus yang berkeliaran dan modus penginfeksiannya melalui removable hardware seperti halnya flash disk, maka hal ini akan menjadi ancaman terhadap sistem anda. apabila virus itu ganas dan memang belum ada serumnya, begitu servicenya diaktifkan(autoplay) maka akan secara langsung menginfeksi sistem.

Karena ancaman virus tersebut maka sebaiknya service autoplay dimatikan. Adapun cara nya sebagai barikut:
1. Pada menu Star>>Run ketik gpedit.msc dan akan tampil seperti gambar berikut:

2. Pilih user configuration >> administrative templates >> system >>Turn off autoplay
3. Klik 2 kali pada turn of autoplay kemudian pilih option enabled dan pada pilihan Turn off autoplay on anda pilih all drives kemudian klik tombol OK

Dengan demikian maka setiap anda memasang perangkat baru baik flash disk, CD ataupun hard disk external maka masih ada kesempatan bagi anda untuk melakukan scanning terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda