Selasa, 17 Februari 2009

Cara menangani virus win32.downadup.B

Membicarakan soal virus kayanya tak akan ada ujungnya, hampir dipastikan ada saja virus-virus baru yang bermunculan entah itu virus dari luar ataupun virus lokal. Kenapa hal ini bisa terjadi? ya memang susah ditebak juga motif dari si pembuat virus ini, ada yang mengatakan bahwa si pembuat virus ini hanya iseng dengan kejahilannya untuk bisa tenar atau hanya untuk kepuasan sebagai sarana menyalurkan ide/kemampuannya, tapi diluar itu juga kita tidak tahu motifnya yang jelas pasti setiap orang yang komputernya terkena virus akan merasa jengkel bahkan bisa saja menjadi panik jika saja virus tersebut sampai merusak data.

Tepatnya tanggal 13 pebruari kemaren di kantorku juga terkena virus bahkan virus ini sangat sulit untuk diberantas. Virus ini jenisnya worm "w32.downadup.b". Selang beberapa saat virus ini menyebar ke seluruh jaringan padahal semua komputer yang terkoneksi ke jaringan telah menggunakan antivirus symantec client yang terintegrasi ke server.

Virus ini menyebar melalui USB flash disk dan komputer yang terhubung ke jaringan, menurut sumber yang aku dapat dari internet virus ini mulai ada sejak november 2008 hanya saja waktu itu cakupannya tidak sampe ke asia tenggara. Aktivitas yang dilakukan oleh virus ini, dia menempel pada folder temporary internet files dan juga folder c:\windows\system32\network service\, sehingga jaringan komputer pun menjadi macet.

Ada yang aneh juga dari aktivitas yang dilakukan oleh virus ini yaitu komputer yang terhubung ke jaringan tiba-tiba menjadi tidak konek kalo kita browse komputer lain pada windows explorer padahal kalo di ping pada modus DOS lancar-lancar saja. Nah kalo saja ini terjadi anda tinggal restart saja komputer dan pasti akan terkoneksi lagi.

Ya ribet juga kalo sudah terinfeksi. buat rekan-rekan yang belum terinfeksi ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:
1. Jika operating system anda menggunakan windows, segera update patchnya dari situs microsoft
2. Berikan password yang unik yang tidak gampang ditebak pada user administrator
3. Install antivirus yang handal dan juga updatenya yang terbaru
4. Jika anda masih mau menggunakan USB, segera off kan modus plag un play nya supaya begitu anda menancapkan USB Flash disk anda punya kesempatan untuk scan virus

ya hanya ini yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, lain kali disambung lagi kalo sudah nemuin serumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda