Sabtu, 14 Maret 2009

CEPAT MENGUASAI BAHASA PEMROGRAMAN

Salah satu ilmu yang harus dipelajari dan dipahami oleh seorang programmer/pembuat program adalah algoritma pemrograman, mengapa algoritma pemrograman karena algoritma pemrograman adalah ilmu dasar untuk memecahkan masalah secara logis yang kemudian dituangkan ke dalam bahasa pemrograman.

Tanpa memahami algoritma pemrograman dengan baik, seorang programmer akan mengalami banyak kesulitan karena pada ilmu ini dipelajari berbagai hal mulai dari masalah runtunan, seleksi, pengulangan, pengurutan, prosedur, function, tipe data bentukan dan lain sebagainya dimana perintahnya mudah untuk dipelajari.

Setelah mempelajari dan memahami algoritma dengan baik maka sudah dipastikan seseorang yang ingin menjadi programmer akan mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman apapun, karena dalam hal ini hanya sintak/perintah saja yang beda tetapi pada prinsipnya alur dan logikanya sama.

Jadi kesimpulannya untuk bisa menjadi programmer dengan cepat maka seseorang harus terlebih dahulu mempelajari algoritma pemrograman dengan baik meskipun saat ini banyak sekali programmer-programmer yang langsung mempelajari bahasa pemrograman tanpa mempelajari terlebih dahulu algoritma pemrograman [otodidak] .

1 komentar:

  1. betul sekali, terutama prinsip dasar alur dan logika, yang selalu dibawa2 kemana2, saya jadi ingin latihan lagi turbo pascal, VB dan Delphi :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan anda