Senin, 16 Maret 2009

MERAWAT KOMPUTER

1.Defrag harddisk secara berkala
Defrag berfungsi untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja CPU akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Kalau kita buat analogi, maka ibaratkan harddisk adalah sebuah gudang dimana di dalamnya terdapat berbagai jenis barang. Apabila barang itu ditempatkan secara acak maka akan sulit sekali untuk mencari dan mengambil barang tersebut. Jadi apabila barang itu ditata sesuai dengan kategori atau berdasarkan nomor maka akan mudah sekali untuk mencari barang tersebut demikian juga harddisk.
Caranya: klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.
Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Satu lagi syarat mendefrag komputer adalah diusahakan jangan sampai waktu anda defrag tiba-tiba listrik mati, karena biasanya jika listrik tiba-tiba mati maka data yang di defrag bukannya tertata rapi tetapi akan lebih kacau bahkan bisa jadi anda harus menginstall ulang harddisk anda.

2. Aktifkan screensaver
Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT, televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Jika monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai keinginan

3. Ventilasi yang cukup
Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor/CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm.
Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.

4. Pakailah UPS atau Stabilizer.
Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stabilizer untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

5. Tutup program yg tidak berguna
Setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan maka semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat, beban kerja CPU menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.

6. Install program antivirus dan update secara berkala
Untuk dapat mengenali virus, malware, spyware terbaru maka sebaiknya rajinlah mengupdate program antivirus secara berkala, jangan biarkan antivirus anda bodoh. Dengan mengupdate antivirus anda telah mengupdate pengetahuan/menambah list pada antivirus. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat anda menginstall ulang komputer.
Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang, karena biasanya install ulang dengan clean install harddisk anda Sekalian di format.

7. Bersihkan Recycle Bin secara rutin
Jika anda menghapus dengan cara delete bukan dengan menekan CTRL+Delete, sebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk, file/folder tersebut akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin dengan maksud agar suatu saat apabila anda masih membutuhkannya dapat dikembalikan lagi/ di restore. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lambat.
Caranya: Jalankan Windows Explorer > klik kanan Recycle Bin > klik Empty Recyle Bin atau anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yg mau dibersihkan > setelah klik OK.

8. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor
Meletakan speaker dekat dengan monitor akan berpengaruh pada warna layer monitor dimana warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang-belang karena adanya medan magnet.

9. Uninstall atau buang program yg tidak berguna
Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

10. Bersihkan registri yang sudah tidak terpakai
Registri windows yang sudah tidak terpakai akan mengakibatkan loading CPU menjadi lambat. Jadi untuk registri yang sudah tidak terpakai/belum terhapus saat uninstall program maka sebaiknya dibersihkan dengan software pembersih registri, misalnya registri cleaner.

11. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala
Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan supaya computer tidak cepat panas bahkan debu semacam pasir yang menempel pada komponen computer akan mengakibatkan komponen tersebut meleleh.
Caranya: Buka casing terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus atau tiup debu dengan kompressor tapi apabila anda membersihkan dengan kompressor anda harus hati-hati jagan sampai pada kompressor masih keluar cairan. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu atau cairan tidak mudah masuk ke dalam komputer.

12. Pasang kabel ground.
Apabila casing anda nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.

Semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. Wah menarik juga nih Infonya mas... hehehehe... Komputerku ga pernah dirawat, makanya sering eror juga, maklum Gaptek

    BalasHapus
  2. barusan sy sdh cek di PR, sh ada kenaikan GIP=73,Alexa jg sdh mulai turun (naik). Biasanya google backlink juga akan mulai naik. :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan anda