Jumat, 14 November 2008

Alternatif Komputer untuk Akses Internet Nirkabel

Jumat, 14/11/2008 13:21 WIB Dewi Widya Ningrum - detikinet



Jakarta - Qualcomm berhasil mengembangkan sebuah alternatif komputer pribadi yang dilengkapi fasilitas akses internet nirkabel berkecepatan tinggi.


Adalah Kayak PC, piranti ini memungkinkan pengguna di negara berkembang terhubung ke internet tanpa harus menggunakan saluran kabel atau perangkat nirkabel.

Senior Vice President of Marketing and Product Management Qualcomm CDMA Technologies, Luis Pineda, mengatakan, Kayak PC adalah contoh bagaimana Qualcomm meningkatkan komputasi dengan jaringan broadband nirkabel untuk membantu mengantarkan kawasan-kawasan baru di dunia ke dalam komunitas online global.

"Inovasi nyata jaringan 3G berarti bahwa nirkabel adalah jawaban untuk akses Internet bagi pasar di seluruh dunia - khususnya di negara-negara berkembang," kata Luis Pineda, melalui keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Jumat (14/11/2008).

Referensi design yang ditawarkan Kayak PC adalah menggunakan Mobile Station Modem dual-core Qualcomm, browser web 2.0 dari Opera Software, akses melalui browser ke aplikasi web 2.0, mendukung television set dan monitor komputer untuk digunakan sebagai display dan/atau untuk built-in display.

Piranti ini juga kompatibel dengan keyboard dan mouse standar untuk input, dan fungsi music player dan/atau 3D gaming console. Para manufaktur dapat merancang beragam piranti berdasarkan referensi design tersebut.

Kayak PC terlebih dahulu akan diujicobakan ke pengguna mulai kuartal pertama 2009 di Asia Tenggara, baik pada jaringan CDMA2000 maupun WCDMA (UMTS).

"Pasar negara-negara berkembang akan menjadi pendorong pertumbuhan terbesar bagi industri telekomunikasi di tahun-tahun mendatang," jelas Mark Hirsch, Vice President of Corporate Marketing Inventec Corporation. ( dwn / faw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda