Minggu, 09 November 2008

Tips pemakaian flash disk agar tetap awet/tahan lama


Anda mungkin sudah pada tahu tentang flash disk, rasanya malu kalo saja orang yang berkecimpung di dunia IT tidak tahu flash disk, kecuali memang background orang itu bukan dari IT.

Tapi ga usah dibuat masalah besar, mari kita ulas saja mengenai media penyimpanan yang satu ini.

Flash disk adalah media penyimpanan sekunder sama halnya dengan hard disk yang fungsinya adalah untuk menyimpan data, lagu, program bahkan system operasi. Ukuran alat ini memang kecil, kalo dibandingkan dengan kotak korek api malah masih besaran kotak korek api. Pada saat kemunculan flash disk, media penyimpanan ini sering dibawa dengan cara digantung layaknya hp dan ditempatkan di saku sesuai dengan keinginan si pemilik flash disk sebagai tambahan accesories, tapi karena flash disk sudah booming/tidak asing lagi dan banyak sekali pemakainya, sampe anak-anak sekolahan pun memilikinya sudah jarang sekali saya melihat orang membawa flash disk dengan cara digantung.

Kapasitas flash disk bermacam-macam mulai dari 128MB, 256 MB, 512MB, 1GB, 2GB bahkan sekarang sudah lebih dari itu. Untuk merk sebetulnya ga terlalu dipermasalahkan apalagi soal harga, yang penting terjangkau. Asalkan cara kita menggunakan dan menyimpannya baik dan benar maka flask disk akan tetap awet/bisa digunakan.

Agar flash disk awet dan tahan lama mungkin tip dan trik ini bisa dilakukan:

  1. Usahakan flash disk ditutup dengan penutupnya setelah digunakan, hal ini dilakukan agar tidak kena cairan/hujan yang akan mengakibatkan flash disk menjadi lembab penyebab jamur.
  2. Usahakan jangan sampai dicopot secara paksa/langsung setelah digunakan, Setelah menggunakan flash disk usahakan di eject atau double klik icon yang biasanya muncul di bagian bawah pada task bar, lalu pilih media flask disk biasanya muncul merk flashdisknya dan kemudian di close. Setelah koneksi flash disk dengan mainboard/cpu terputus barulah copot flash disk dari cpu anda.
  3. Jika flash disk anda kena cairan/kehujanan usahakan dikeringkan dengan cara di lap pake lap kering kemudian di diamkan/dijemur.
  4. Apabila flash disk basah, jangan digunakan sebelum dikeringkan supaya flash disk anda tidak kornslet.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda